Sejarah & Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/ICT)

A. TIK

     Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.[i]


B. Sejarah TIK

      Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini.

      Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti
pemasangan kabel komunikasi Trans-Atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.


Ilustrasi:Telepon (freelist.org)

    Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat.


Ilustrasi:Radio (Freelist.org)


Ilustrasi:TV (freelist.org)

     Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943.


Ilustrasi: replika transistor pertama (google)

    Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.

    Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang.

    Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini.





Ilustrasi: Komputer (freelist.org)

    Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya.

    Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.






Ilustrasi:Telepon seluler pertama (google search)

     Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri.

     Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia.[ii]

C. Sejarah dan Perkembangan TIK

      Dalam sumber lain (kumpulansejarah.com : 2003), dituliskan bahwa sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu sebagai berikut.

  • Masa Prasejarah ( … s/d 3000 SM )

     Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai system untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan benuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, Karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awak komunisasi mereka pada masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.


  • Masa Sejarah ( 3000 SM s/d 1400-an M )

    Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat -saat khusus dan mahal.

  • 3000 SM
     Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan symbol -symbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Symbol atau huruf-huruf in juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda ( Penyebutan ), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.

  • 2900 SM
      Penggunaan huruf Hieroglyph pada bangsa Mesir kuno Hieroglyph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh setiap symbol yang berbeda, yang ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hieroglyph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

  • 500 SM
     Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon Papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis / media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

  • 105 M
       Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bamboo yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudain diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan system pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan balok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan system cat.

  • Masa modern ( 1400-an M s/d sekarang )
  • Tahun 1455
     Mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.

  • Tahun 1830
     Agusta Lady Byrn menulis program computer yang pertama didunia bekerja sama dengan Charless Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk computer digital lyang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis dari pada bersifat digital, 94 tahun sebelum computer digital pertama ENIAC I dibentuk.

  • Tahun 1837
      Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

  • Tahun 1861
     Gambar bergerak yang proyeksinya kedalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang.

  • Tahun 1876
  Melvyl Dewey mengembangkan system penulisan decimal.

  • Tahun 1877
     Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yan g dipergunakan pertama kali secara umum.

Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
  • Tahun 1899
  Dipergunakan system penyimpanan dalam Tape ( Pita ) magnetis yang pertama.

  • Tahun 1923
  Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

  • Tahun 1940
     Dumulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa PD II yang dipergunakn untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic Tape.

  • Tahun 1945
   Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan hypertext.

  • Tahun 1946
  Computer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.


          ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah computer elektronik penuh pertama yang didesain agar Turing-complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan. ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan mereka dengan tujuan untuk menghitung table tembakan senjata. Ide tentang ENIAC dipikirkan dan didesain oleh J. Presper, Eckert dan John William Mauchly dari Pennsylvania University. Computer tersebut mulai dibangun pada 17 Mei 1943 sebagai Proyek PX dan dibangun di Moore School of Electrical Engineering sejak pertengahan 1944 dan dioperasikan secara resmi sejak Februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000. Ia kemudian dimatikan pada 09 November 1946 untuk diperbaharui dan ditingkatkan memorinya. ENIAC diperlihatkan kepada umum pada 14 Februari 1946 di Pennsylvania University dan dipindahkan ke Aberdeen Proving Grounds, Maryland pada 1947. Pada 29 Juli tahun yang sama, ENIAC dinyalakan dan akan terus beroperasi hingga pukul 23.45 pada 02 Oktober 1955.


      Sebuah tim yang terdiri dari delapan wanita memprogram ENIAC dengan memanipulasi ribuan kabel dan saklarnya. ENIAC mendapatkan pemberitaan yang luas karena ukurannya yang besar. Ia memiliki 17.468 tabung vacuum, 7.200 diode Kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m2 dan mengkonsumsi energy sebesar 160 kW.


      Namun ENIAC sebenarnya bukanlah computer yang canggih dieranya. Tidak seperti Z3 buatan Konrad Zuse dan MARK buatan Howard Aiken. ENIAC harus diatur ulang kabelnya untuk menjalankan program baru ( Z3 dan MARK menjalankan programnya dari kaset ). Lebih lanjut lagi tidak seperti Z3 dan computer modern, ENIAC melakukan penghitungan dalam decimal daripada biner.

  • Tahun 1948
  Para peneliti diBell Telephone mengembangkan transistor.

  • Tahun 1957
     Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan miliaran transistor dimasukan kedalam sebuah keeping kecil kristal silicon.


      USSR ( Rusia pada saat itu ) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata – mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency ( ARPA ) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang militer.

  • Tahun 1962
     Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu system jaringan Desentralisasi yang mampu mengendalikan system pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.

  • Tahun 1969
     System jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University Of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah. Dengan kekuatan 50 kbps.

  • Tahun 1972
     Ray Tomlinson menciptakan program E-mail yang pertama.

  • Tahun 1973 – 1990
      Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protocol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh group dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Back Bone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinsi diantara : DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.

  • Tahun 1991 – sekarang
       System bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas internet, dan diperkenalkannya istilah Word Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk Inter NIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database ( oleh AT&T ), jasa registrasi ( oleh Network Solution Inc ), dan jasa informasi ( oleh General Atomics/CERF Net), 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, perusahaan umum melalui diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan diBak Bone, langkah ini memulai pemgembangan teknologi informasi khusurnya internet dan penelitian – penelitian system dan alat - alat yang lebih canggih.[iii]


Termasuk kedalam Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 -> Peralatan Teknologi Informasi

1. Komputer

      Komputer adalah alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi dengan cara menerima input, mengolah input, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer dan memberikan output yang berupa informasi. Informasi yang dihasilkan dapat berupa tulisan, gambar, suara, video dan animasi.


2. Proyektor LCD (Liquid Crystal Display)

      LCD adalah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. LCD digunakan untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media lain.


3. OHP (Over Head Projector)

      OHP adalah salah satu alat yang digunakan untuk memproduksi atau memproyeksikan gambar atau visual yang ada di dalam transparansi diatas permukaan kaca yang apabila lampu OHP dinyalakan maka transparansi tersebut akan terproyeksikan.


4. Laptop/Notebook

      Memiliki fungsi yang sama seperti komputer tetapi bentuknya lebih praktis, dapat dilipat dan mudah dibawa kemana-mana. Karena menggunakan baterai charger, sehingga dapat digunakan tanpa menggunakan listrik.


5. Personal Digital Assistant (PDA)/Komputer genggam

        Peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan ke dalam saku, fungsinya untuk mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang dapat berfungsi sebagai handphone (PDA Phone).


6. Deskbook

     Peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor, sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung, karena belum dilengkapi baterai.

7. Kalkulator

     Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan dari komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.


8. Kamus Elektronik

     Kamus elektronik adalah kamus yang berbasis komputer yang bisa dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil (seperti PDA). Peralatan elektronik yang digunakan untuk untuk menerjemahkan antar bahasa.


9. MP4 Player

      Peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan musik serta game.


10. MP3 Player

     Peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar musik dan mendengarkan radio.


11. Flash Disk

     Media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus (USB), tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.


12. Televisi

      Peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya, informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual.


13. Radio

      Peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara dengan frekuensi yang telah ditetapkan.


14. Cash Register

     Alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.


15. Kamera Digital

     Peralatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.


16. Al-Quran Digital

      Peralatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Al Quran yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.


17. Koran

      Media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.


18. Majalah

      Media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.


Peralatan Teknologi Komunikasi


1. Handphone atau Telepon Selular

      Alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar. Kelebihan telepon seluler dibanding telepon biasa adalah sifatnya yang mudah dibawa. Di Indonesia, ada dua jenis jaringan telepon seluler, yaitu jaringan GSM dan jaringan CDMA.


2. Faximile

     Alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Cara kerja faximile mirip dengan mesin fotokopi atau scanner, hanya saja outputnya keluar di tempat yang diinginkan. Tentu saja, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki mesin faximile agar dapat mengirim informasi.


3. Telegraph

     Telegraf adalah sistem komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan isyarat listrik dalam bentuk kode morse. Peralatan komunikasi ini digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telepone.

4. Pager

     Pager (biasanya disebut sebagai beeper) adalah salah satu media penerima pesan yang portable, yang terbentuk dari perpaduan dari perkembangan teknologi komunikasi dan teknologi informasi, dan merupakan simple personal telecommunication device yang berguna untuk menerima pesan singkat. Secara sedarhana pager bekerja berdasar prinsip kode signal radio yang ditransmisikan melalui suatu provider (Penyedia jasa layanan) atau bisa disebut juga secara singkat bahwa pager adalah alat yang digunakan untuk menghubungi seseorang melalui jaringan tertentu, dimana operatornya adalah melalui manusia.


5. Walky Talky

     Peralatan komunikasi antara 2 orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif, namun konunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.[iv]


D. Kesimpulan

    Pengembangan Infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada instansi-instansi ataupun di tempat-tempat yang dapat dengan segera mendayagunakan TIK/ICT dalam kehidupan, dilakukan secara bertahap dan berjenjang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan lapangan yang ada. Dengan pengembangan infrastruktur ini maka pengelolaan pendidikan dan aplikasi berbasis IT di Indonesia dalam skala umum, dan di daerah dalam skala khusus, dapat lebih efektif dan efisien.



E. Referensi (Endnotes)


[i] http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi, diakses tanggal 16 maret 2014.

[ii] http://cloud.papua.go.id/id/khasanah/perkembangantik/Pages/Pengertian-Dan-Sejarah-Teknologi-Informasi-Komunikasi-(TIK).aspx, diakses tanggal 16 maret 2014.

[iii] http://www.kumpulansejarah.com/2013/03/sejarah-teknologi-informasi-dan.html, diakses tanggal 16 maret 2014.

[iv] http://yaudaah.blogspot.com/2013/04/makalah-perkembangan-teknologi.html, diakses tanggal 16 maret 2014.


Tugas Oleh :

Muh. Galang Pratama
Nim : 10300113164
Kelas : HPK7,8 (D)
Mata Kuliah : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Komentar (0)